17 April 2015

Its NBA Playoffs Time!!!

Semusimpun telah berlalu. Musim reguler, maksudnya. Musim reguler nya NBA, lebih jelasnya.

Ya, NBA Regular Season 2014/2015 sudah berakhir, dan para peserta Playoff sudah dapat dipastikan. Ini adalah klasemen reguler terakhir per tanggal 17 April 2015 :


Sebagai perbandingan, inilah posisi klasemen NBA di tanggal 26 Januari lalu :


Sejak Januari, Atlanta Hawks dan Golden State Warriors tampil sangat stabil dan menunjukkan diri sangat layak untuk memimpin klasemen di wilayah masing-masing. Dalam rentang 26 Januari hingga saat ini Hawks mampu menghasilkan tambahan 23 kemenangan dan menderita 14 kekalahan. Jika dibandingkan dengan posisi 37-8 di Januari tentu ini merupakan penurunan, apalagi jika melihat 3 kekalahan beruntun menjelang Playoff. 

Ancaman terbesar akan datang dari Cleveland Cavaliers yang mesinnya sedang panas paska proses blending 3 superstar baru mereka. Cavs mampu mencatat 28-9 sejak 26 Januari hingga jelang Playoff, plus berdiri kokoh di posisi runner up wilayah Timur. Cavs tampak stabil dan solid. James-Irving-Love is on fire. Jadi sedikit tamparan bagi Heat yang ketika ditinggal James langsung terlempar keluar dari Playoff, padahal berstatus juara bertahan Wilayah Timur dan Runner Up NBA musim lalu. Feels like Heat is nothing without James, while we can see what James can do in his new (but old) team. Beberapa kali saya mengatakan bahwa sejak James melarikan diri ke Heat, I love to see him failed. Tapi setelah kembali ke Cavs, he is my man now. Saya menjagokan Cavaliers menjadi juara wilayah timur dan melaju ke Final NBA. Ini lebih ke arah harapan dibanding prediksi.

Kemungkinan Hawks untuk melaju ke final wilayah sangat besar, dan akan menghadapi Cavaliers disana, dengan Raptors dan Bulls menemani mereka di semifinal wilayah.



Lha di barat, Golden State Warriors masih sangat solid. Stephen Curry emang gila. Dribble, drive, passing, shooting, steal, playmaking, leading, semuanya dia lakukan dengan baik. Kandidat kuat untuk jadi juara musim ini. Salute to Steve Kerr. Jago juga dia jadi pelatih. Kalo ini adalah prediksi. Lawan terberatnya adalah Spurs, yang kembali melesat paska sehatnya MVP final musim lalu, Kawhi Leonard. Meskipun hanya finish di peringkat 4, soliditas mereka patut diwaspadai. Tapi jika Clippers berhasil mengeliminasi Spurs, maka siapapun lawan yang akan dihapadi Warriors sepanjang Playoff akan cukup merata kekuatannya, tidak ada yang saya lebih unggulkan.

Warriors pertama kali akan menghadapi New Orleans Pelicans dengan Anthony Davis nya. Man, He was superstar in the making. Never forget His name. Di umur 22, kemampuan dan mentalitasnya mengerikan. Dia bisa membawa Pelicans mengalahkan Thunder di akhir-akhir musim reguler dan mengamankan posisi Playoff nyaris seorang diri. Ya memang ga mungkin dia sendirian yang membawa Pelicans ke Playoff, tapi status kebintangannya begitu terang ketika memimpin rekan-rekannya menjadi tim yang layak dihormati, termasuk mengalahkan Warriors belum lama lalu. Dont write them off easily, tapi Warriors masih tetap diunggulkan. Jika Warriors menang, mereka akan menghadapi pemenang antara Blazers dan Grizzlies. Memphis ini akhirnya finish di posisi 5 meskipun sempat menghuni posisi 2 cukup lama. Memphis pun kembang kemphis. Dari 31-12 di 26 Januari menjadi "hanya" 55-27 di April. Selisihnya adalah 24 menang dan 15 kalah. Tidak cukup bagus. Blazers juga turun sedikit peringkatnya dari 3 di Januari menjadi 4 di April. Ini akan menjadi pertarungan yang ketat.

Di sayap barat satunya, ada Clippers vs Spurs, dan Rockets vs Mavericks. James Harden tentunya sudah siap untuk membawa Rocket pergi meroket meninggalkan Spurs. Harden adalah salah satu kandidat MVP reguler yang berhasil bermain spektakuler. Didukung Howard dan Ariza, Rockets punya bekal cukup untuk mengalahkan Mavericks.

Sementara Clippers vs Spurs akan sangat ketat. Saya sangat menyukai hiburan yang disajikan Paul-Griffin-Jordan ketika bermain. So entertaning. I'd love to see them through, but wont be that easy. Karena lawannya adalah Spurs yang dipenuhi kolektifitas. Tampaknya Spurs bisa lolos terus, tapi saya berharap Clippers yang menang. Paling tidak, bisa memberi perlawanan yang berarti.

Baik Timur maupun Barat, tim manapun yang bertanding, akan menyajikan pertandingan seru yang ketat, dan yang paling penting, menghibur. Mudah-mudahan Playoff hingga final tetap ditayangkan di tivi kabel di rumah, jadi kalo nulis disini ga cuman dari hasil rangkuman artikel-artikel lain saja.

Selamat menikmati.


1 komentar:

  1. Anda dapat membaca sepak bola terbaik, prediksi berita di situs saya
    Prediksi Bola
    Terima Kasih

    BalasHapus