18 Januari 2012

Oops, Barcelona Did It Again

Sekali lagi Barcelona berhasil memenangi El Clasico, kali ini di leg 1 babak perempat final Copa Del Rey. Sebuah serangan balik yang cepat dari Real Madrid berhasil dikonversi oleh Cristiano Ronaldo melalui tendangan yang cerdik berhasil mengelabui Pique dan Pinto di menit 11. Memulai babak kedua dengan tertinggal 1-0, Barcelona akhirnya membalikkan keadaan melalui sundulan Puyol hasil tendangan sudut Xavi, dan drive Abidal hasil umpan terobosan lambung dari Messi. Hasil akhir : Madrid 1-2 Barcelona.

(dari youtube)

Babak pertama berjalan alot. Seperti biasa, Barcelona selalu mendominasi possession. Real Madrid melakukan pressing ketat sejak dari daerah pertahanan Barcelona. Gol Ronaldo lahir berkat kecepatan serangan balik dan kualitas finishing, serta kelengahan Pique dan kurang sigapnya Pinto. Rupanya Pique belum bisa mematikan Ronaldo seperti yang biasa dilakukan Puyol atau Alves, dan Pinto tidak sesigap Valdes. Di babak pertama banyak keputusan wasit yang sepertinya kurang tepat. Kartu kuning untuk Pepe dan Pique, dan beberapa keputusan offside saya rasa sangat debatable. Halftime ditutup dengan defisit satu gol bagi Barca.

Barcelona memulai babak kedua dengan sangat positif. Memasuki menit ke empat, Puyol yang tidak dikawal ketat mampu menjangkau tendangan sudut Xavi dengan menjatuhkan diri, dan menghasilkan gol melalui sundulan. Gol ini mampu mengubah mentalitas permainan secara cukup drastis. Pressing pemain Real Madrid tidak lagi seketat babak pertama, malahan lebih banyak menghasilkan tackling yang terlambat. Permainan Barcelona pun semakin berkembang, sementara Real Madrid menunjukkan rasa frustrasi dan semakin sering melakukan pelanggaran, termasuk injakan tidak sportif Pepe ke tangan Messi yang sedang terjatuh dan Coentrao yang mendorong kepala Messi. Meskipun banyak dilanggar, Messi yang tidak terlalu nampak di babak pertama mampu memberikan assist brilian. Para penyerang Barcelona memang dikawal cukup ketat, tapi pemain Real Madrid lengah dalam memperhatikan para pemain bertahan Barcelona. Setelah Puyol mencetak gol pertama Barca, kemudian giliran Abidal yang tak terkawal menerima assist lambung Messi dan melakukan drive ke kiri Casillas tanpa mampu dibendung. Abidal pun lantas melakukan tarian selebrasi bersama Dani Alves. 1-2, Barcelona balik memimpin hingga pertandingan usai.

It isn't truly over yet, tapi ini adalah hasil yang memuaskan untuk Barcelona dan para fansnya, mengingat leg kedua akan dilaksanakan di Camp Nou. Ketinggalan 2-1 tentunya tidak akan membuat Mourinho menginstruksikan pemainnya untuk memarkir bus. Mourinho pasti akan meminta Real Madrid bermain lebih agresif. Barcelona pasti akan menyukainya. Tekanan sedang ada di Real Madrid, terutama Mourinho. Barcelona lebih tenang meskipun tetap harus waspada.

Mampukah Madrid melakukan sesuatu? See you in the next Clasico.

0 komentar:

Posting Komentar