31 Oktober 2011

Lockout Oh Lockout



Penggemar NBA pasti saat ini sedang harap-harap cemas akan kelanjutan dimulainya kompetisi musim 2011/2012. NBA biasanya dimulai sekitar bulan November, dan diiringi pre-season sejak Juli-Agustus, namun hingga saat ini bahkan gelagat dimulaipun belum terasa. NBA ngambek. NBA terancam terlambat dimulai, atau bahkan malah tidak ada sama sekali di musim ini. NBA sedang mengalami masa LOCKOUT!!!

Apa itu Lockout? Itinya sih Lockout artinya macet, mogok, berhenti. Kenapa sampai terjadi Lockout? Cukup rumit memang, tapi gambarannya seperti ini :
NBA merupakan kompetisi bola basket yang terjadi karena keterlibatan 4 pihak utama. Pertama, NBA sendiri sebagai pengelola kompetisi. Kedua, klub dan para pemiliknya. Ketiga, para pemain, dan Keempat, penonton. Peran penonton dalam NBA sangatlah besar, karena dari sinilah porsi terbesar pemasukan NBA. Konon katanya di musim lalu animo penonton menurun cukup signifikan sehingga NBA mengalami kerugian. Untuk mengantisipasinya, NBA meminta "setoran lebih" kepada klub. Karena hal ini, klub kemudian rencananya akan melimpahkan besarnya pengeluaran tambahan ini kepada pemain. Pemain tentu saja tidak bersedia untuk dipotong gajinya, karena merasa kerugian kompetisi bukan tanggung jawab mereka. Karena ternyata tawarannya tidak ditanggapi positif, maka pihak NBA belum berencana menggelar kompetisi di musim ini, karena toh jika dijalankan yang ada mereka hanya akan mengalami kerugian. Maka terjadilah negosiasi-negosiasi antara NBA, pemilik klub, dan asosiasi pemain. Hingga tulisan ini dibuat, kesepakatan itu belum tercapai, sehingga belum ada tanda-tanda dimulainya kembali NBA di musim 2011/2012.

Sebagai pecinta NBA, tentunya saya sangat menyayangkan kejadian ini, dan hanya bisa berharap semoga cepat terdapat titik temu, supaya NBA tidak hanya sekedar menjadi kenangan, dan musim 2011/2012 bisa segera dimulai. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar