06 Desember 2011

Barcelona Membangun Masa Depan

- Ini bukan sekedar kemenangan, ini adalah konstruksi masa depan -

Highlight Barcelona - Bate Borisov, dari youtube

Dini hari tadi (7-12-11) Barcelona berhasil mengalahkan Bate Borisov dengan skor telak, 4-0. Memang Barcelona bermain di Nou Camp, dan BATE bukanlah tim besar eropa, namun kemenangan ini tetap mengesankan. Ini bukan sekedar kemenangan, tapi ini adalah sebuah konstruksi masa depan.

Telah memastikan lolos dari fase grup serta mempersiapkan stamina jelang El Clasico, Barcelona memainkan mayoritas pemain muda. Hanya Maxwell dan Pinto yang berusia diatas 25 taun. Dua pemain itu pula lah yang tidak berasal dari La Masia. Selain itu hanya Pedro dan Thiago yang sering bermain di Tim inti Barcelona. Selebihnya adalah barisan pemain muda didikan La Masia. Duet bek tengah Andreu Fontas dan Marc Muniesa, Martin Montoya di bek kanan, duet Jonathan Dos Santos dan Thiago Alcantara di tengah, Pedro Rodriguez dan Isaac Cuenca di sayap, serta duet Rafinha Alcantara dan Sergi Roberto sebagai penyerang. Hasilnya pun sangat positif, selain menang besar, Barcelona muda ini mampu mempertahankan 70% possession. Gol-gol Barcelona yang dicetak oleh Sergi Roberto, Martin Montoya, dan dua gol oleh Pedro membuat Barcelona lolos sebagai juara grup.

Dengan terbuktinya kekuatan para pemain muda ini, maka masa depan Barcelona, dan bahkan Spanyol, terlihat cukup cerah. Tak perlu berpikir menghabiskan banyak uang untuk membeli pemain bintang, karena ternyata bisa mencetak sendiri, dengan jumlah yang besar, bukan hanya satu-dua pemain saja. Kalaupun nanti ternyata pemain-pemain ini gagal bersaing dengan para seniornya, maka bukan tidak mungkin nilai pemain tersebut menjadi cukup tinggi ketika dijual ke tim lain. Sebuah nilai positif untuk keuangan tim. Ketika para pemain ini sudah berada di tim lain, maka sedikit banyak juga akan terjadi transfer ilmu, dan akan menimbulkan persaingan yang positif, dan makin memanjakan para penggemar sepakbola. Sebuah efek domino yang sangat bagus. Kecemerlangan ini adalah refleksi nyata kesuksesan Barcelona dalam merancang dan membangun masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar