08 Desember 2011

MU (Memang) Krisis

Dini hari tadi, MU yang seharusnya hanya butuh hasil imbang melawan Basel untuk lolos ke fase knockout Liga Champion Eropa secara (tidak terlalu) mengejutkan justru kalah dengan skor 1-2. Hasil ini memaksa MU harus puas berlaga di Liga kasta kedua Eropa musim ini. Meskipun telah bermain dengan kekuatan penuh, MU gagal menorehkan hasil positif di Liga Champion. Bahkan sebenarnya MU juga telah bermain buruk di lima partai terakhir Liga Inggris. Paska kekalahan telak atas Manchester City, MU hanya berhasil mencetak satu gol di tiap pertandingan, sebagian juga tidak berasal dari open play yang rapi. Kelemahan utama MU adalah lemahnya lini tengah. Di awal musim sebenarnya MU tampil cukup menjanjikan dengan sederet pemain mudanya yang berbakat. MU mampu menampilkan permainan terorganisir dengan passing-passing pendek yang cepat dan pergerakan taktis. Kehilangan Scholes dan menuanya Giggs cukup bisa digantikan dengan baik oleh Tom Cleverley. Namun kemudian cideranya Cleverley ternyata membawa dampak signifikan pada kekuatan lini tengah. Tampilan menjanjikan di awal musim tidak lagi nampak, terlebih sejak kekalahan menyakitkan di derby Manchester tersebut.

Dengan performa seperti dua bulan terakhir, rasanya hal yang harus dipikirkan oleh Sir Alex bukanlah perburuan gelar juara, namun mendahulukan perbaikan performa tim. Lini tengah yang lemah sangat berpengaruh terhadap kinerja para penyerang MU. Sir Alex bukanlah tidak menyadari itu. Formasi pemain tengah yang berubah-ubah, dan digesernya Rooney menjadi pemain tengah cukup menggambarkan kekhawatiran dan ke-'panik'-an Sir Alex. Mungkin Rooney memang pada dasarnya punya kemampuan untuk bermain di tengah dan menjadi playmaker, namun masih perlu penyesuaian, dan bagaimanapun juga Rooney lebih pas di posisi aslinya, striker atau sedikit di belakangnya.

Dengan serangkaian hasil mengecewakan tersebut saya rasa akan mendorong Sir Alex untuk melakukan reformasi kecil, entah dalam bentuk seperti apa. Cleverley baru bisa bermain lagi kurang lebih dalam jangka waktu satu bulan, sementara modifikasi stok lini tengah yang ada tidak menjanjikan sebuah harapan, maka sepertinya pembelian pemain akan menjadi salah satu opsi yang akan sangat dipertimbangkan. Nama Wesley Sneijder sepertinya masih layak untuk dimunculkan. Performa Inter Milan yang kurang menggigit musim ini bisa jadi membuat Sneijder makin yakin untuk pindah. Mario Gotze atau Eden Hazard adalah dua nama alternatif yang sangat menarik, karena skill nya yang luar biasa di usia yang masih sangat muda. Bagaimanapun, Sir Alex sudah teruji bertahun-tahun dalam menghadapi situasi sesulit ini, maka saya pribadi sangat menunggu responnya atas kondisi MU yang sedang krisis ini. Mungkin memang saat ini buruk, tapi pasti itu tak akan berlangsung lama. In Fergie we trust.

Glory, Glory, Manchester United!!!

0 komentar:

Posting Komentar