14 Desember 2011

False Nine Role

Seringkali saya membaca bahwa salah satu faktor suksesnya Lionel Messi di Barcelona adalah karena keberhasilannya memerankan posisi False Nine. Istilah ini terasa keren dan cukup asing buat saya yang ga bisa main bola, dan membuat saya sangat penasaran. Akhirnya dengan bantuan mbah google, saya mencoba untuk mensarikan gambaran posisi False Nine ini.

False Nine sendiri konon diperkenalkan oleh Mathias Sindelar, seorang pemain dari Austria, sekitar awal abad 20. Ide utama posisi ini adalah dengan memposisikan seorang penyerang tunggal (yang biasa bernomor 9) untuk bisa lebih bermain ke belakang, mendekati atau bahkan sejajar dengan posisi pemain tengah. Posisi striker yang mundur ke belakang inilah yang akan meninggalkan dilema untuk bek tengah lawan. Jika ia maju, maka akan meninggalkan celah cukup lebar di belakang untuk dieksploitasi oleh pemain sayap, pemain tengah, ataupun si striker itu sendiri dengan kecepatannya. Sementara jika bek tetap di belakang, maka striker False Nine tadi akan bebas mengembangkan kreatifitasnya. Apabila striker False Nine dijaga oleh salah satu pemain tengah lawan, maka otomatis ada pemain tengah penyerang yang bebas tak terkawal. Ini juga bisa menjadi sangat berbahaya.

Meskipun pola tersebut terlihat sangat berbahaya ketika digunakan oleh Barcelona, namun tidak semua tim bisa mengaplikasikan strategi serupa, karena formasi ini memerlukan kerjasama tim yang sangat kompak, dengan kemampuan untuk bermain di berbagai posisi. Striker False Nine harus memiliki kecakapan bermain di tengah, diperlukan juga striker yang bisa bergerak dari sayap dan mampu menjalankan peran sebagai winger dan striker sekaligus. False Nine juga memerlukan personil-personil dengan atribut ball keep dan passing yang memadai.

Begitulah kira-kira yang saya dapatkan dari berbagai sumber, tanpa terlebih dahulu mencoba mempraktekkan. Jika ada yang lebih paham dan mencoba menambah, mengkoreksi, menyalahkan, saya bakal dengan sangat senang hati mengetahuinya. Semoga berguna.

0 komentar:

Posting Komentar