04 Desember 2011

Spain For EURO 2012!!!

Hiburan Sepakbola selama jeda liburan kompetisi liga di Eropa bulan Juni-Agustus 2012 akan diramaikan dengan adanya Piala Eropa. Berikut adalah hasil undian pembagian grup :

Grup A : Polandia, Yunani, Rusia, Rep. Ceko
Grup B : Belanda, Denmark, Jerman, Portugal
Grup C : Spanyol, Italia, Rep. Irlandia, Kroasia
Grup D : Ukraina, Swedia, Prancis, Inggris

Jika dilihat dari hasil tersebut, maka sepertinya persaingan paling ketat akan terjadi di Grup B. Belanda dan Jerman tampil sangat mengesankan di Piala Dunia 2010 lalu. Dengan skuad yang muda, Belanda dan Jerman mampu menyuguhkan sepakbola atraktif yang indah, eksplosif, dan efektif. Saya rasa (ingin, lebih tepatnya) Belanda dan Jerman akan kembali memperlihatkan penampilan positif dan lolos ke fase selanjutnya. Meski begitu, Portugal tidak bisa disepelekan. Dipimpin salah satu pemain terbaik dunia saat ini, Cristiano Ronaldo, Portugal jelas merupakan kekuatan besar. Ditambah sederet pemain bagus lainnya, Portugal diharapkan mampu membuktikan kepada dunia bahwa mereka layak menjadi kandidat juara. Sementara Denmark sepertinya menjadi tim yang diatas kertas paling lemah. Namun sepakbola bukanlah permainan di atas kertas, maka Denmark akan selalu menjadi tim dinamit yang siap meledak kapan saja.

Jagoan saya tentu saja Spanyol, mengingat banyaknya pemain Barcelona yang ada disana. Diakui atau tidak, Barcelona connection berperan besar di timnas Spanyol. Peran sentral Xavi-Iniesta didukung Pedro-Villa di depan dan Puyol-Pique di belakang menjadi kekuatan utama Spanyol. Penambahan para pemain kunci dari Real Madrid malah akan membuat Spanyol menjadi semakin kuat. Cassillas adalah kiper terbaik dunia, Ramos adalah bek yang sangat agresif dalam membantu penyerangan, serta Xabi Alonso yang merupakan jantung permainan Madrid. Ditambah David Silva yang sedang bersinar terang membawa Manchester City menjadi tim dominan di Inggris, maka saya rasa Spanyol adalah tim paling established, dan team-to-beat number one. Bergabung di grup A, saya kira Spanyol akan lolos bersama Italia ke babak selanjutnya.

Saya juga berharap Inggris mampu tampil bagus dan meyakinkan, meskipun tidak berharap banyak untuk jadi juara. Ditahbiskan sebagai negara asal terciptanya sepakbola, dan saat ini menjadi negara dengan Liga profesional terbaik di dunia, Inggris malah gagal untuk menjadi tim kuat di Eropa. Berlimpahnya pemain bintang yang kaya raya dianggap membuat para pemain tersebut tidak meletakkan seluruh hatinya ketika bermain untuk tim nasional. Selain itu kekurangan terbesar dianggap ada di posisi penjaga gawang. Namun saat ini sepertinya masalah-masalah tersebut sudah teratasi. Keringnya prestasi Inggris diharapkan mampu membawa para pemainnya memiliki motivasi yang sangat tinggi. Gemilangnya Joe Hart bersama Manchester City juga akan menimbulkan kepercayaan diri lebih baik di barisan pertahanan Inggris yang sangat kuat dikomandoi John Terry dan Rio Ferdinand. Berada di grup dengan kekuatan merata akan menjadi ujian awal bagi Inggris atas kiprahnya di Piala Eropa kali ini.

Selebihnya, saya sangat mengharapkan ada kejutan-kejutan seperti ketika Yunani menjadi juara Eropa tahun 2004, dan muncul bintang-bintang baru yang akan menjadi target transfer panas dari tim-tim besar Eropa.

0 komentar:

Posting Komentar