08 Desember 2011

El Clasico Tak Lama Lagi

Salah satu partai terbesar dan paling ditunggu di seluruh dunia musim ini adalah El Clasico. Tahun lalu El Clasico yang terjadi hingga lima kali, dan semuanya meninggalkan cerita yang memorable. El Clasico pertama terjadi di Nou Camp, dan hasilnya cukup memalukan untuk Real Madrid, karena Madrid digelontor lima gol tanpa balas. Hasil ini membuat Mourinho cukup waspada, sehingga di empat El Clasico selanjutnya berlangsung sangat ketat dan hasilnya seimbang, masing-masing satu kemenangan untuk keduanya, dan dua kali seri.

Musim ini kondisi nya cukup berbeda, karena Real Madrid akan menghadapi Barcelona dengan bekal posisi pemimpin klasemen sementara Liga Spanyol, dengan mengumpulkan tiga angka lebih banyak plus satu surplus pertandingan dari Barcelona di posisi kedua. Real Madrid juga menunjukkan performa lebih meyakinkan dengan tak terkalahkan di 15 partai terakhir, semuanya dengan kemenangan meyakinkan. Sementara Barcelona tampak lesu darah dan nampak seperti kurang motivasi untuk merebut kemenangan demi kemenangan.

Mourinho yang ahli dalam menyusun pertahanan mampu menunjukkan sebuah skema penyerangan yang sangat cepat dan kuat. Dengan trio Ronaldo-Di Maria-Higuain/Benzema di depan, pemain lain seperti tinggal mendorong bola ke depan untuk selanjutnya dikejar, diolah, dan dikonversi menjadi gol oleh tiga pemain tadi. Madrid juga memiliki gelandang penghubung belakang-depan yang tangguh dalam diri Xabi Alonso, serta kejelian visi seorang Kaka atau Mesut Ozil. Apalagi sekarang Cristiano Ronaldo tidak lagi se egois dulu. Dia bukan lagi seorang one-man-show seperti yang dia tampakkan selama ini. Ketika kemampuan komplit nya bisa digabungkan dengan visi yang bagus, maka seorang Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

Tapi jangan salah, Barcelona adalah tim hebat yang relatif stabil dalam tiga tahun terakhir. Cideranya banyak pemain di awal musim memang sangat mempengaruhi performa Barcelona, namun saat ini para pemain tersebut tidak hanya sudah sehat, tapi juga mulai kembali ke performa terbaiknya. Pique-Puyol adalah pasangan bek tengah terkuat dunia saat ini sudah kembali sehat. Alexis Sanchez yang dianggap memiliki kemampuan hampir setara dengan Messi meskipun masih perlu digali lagi sudah menunjukkan kehebatannya dengan mencetak dua gol tendangan melengkung berkelas. Ditambah skuad kuat yang sudah ada, maka ini akan menjadi bekal sekaligus tantangan serius bagi Barcelona untuk bisa mengalahkan tim yang berkembang makin baik tahun ini.

Jika Barcelona memiliki sekumpulan pemain dengan kemampuan passing yang jitu dan taktis, maka Real Madrid memiliki sejumlah pemain yang mampu mengejar bola, kemanapun bola itu, dan seliar apapun arahnya. Jika Barcelona mengandalkan penguasaan posession dan pergerakan cantik, maka Real Madrid berbekal kecepatan dan teknik individu mumpuni. Jika Barcelona berusaha bertahan dengan tidak membiarkan lawan menguasai bola, maka Real Madrid lebih tebal dalam menyusun tembok pertahanan, untuk kemudian berusaha merebut bola secara agresif dan menyusun sebuah serangan balik yang cepat.

Musim lalu Barcelona memiliki standar permainan sangat tinggi, namun musim ini hampir terkejar oleh Madrid. Pertanyaannya, mampukah Barcelona bersama para pemain binaannya meningkatkan performa dan mengalahkan Madrid kembali? Ataukah Madrid yang mampu menunjukkan bahwa sekumpulan pemain bintangnya yang mahal lebih layak dijuluki tim super dari Spanyol? Sangat menarik untuk ditunggu.

Visca Barca !!!

0 komentar:

Posting Komentar